Monday, July 15, 2013

Saat Dokter bilang....


Beberapa bulan lalu gw check up ke dokter karena ada bump in my right chest. Serem lah ya.. Apalagi ce itu rawan sama yang namanya breast cancer. hehe.. Bump itu sebenernya uda gw rasain lama banget (uda beberapa taon gitu), tapi ga pernah brasa sakit ato gatel ato gimana. Yet, awal taon ini brasa sakitt bgtt.. Kadang nyut2an gitu, but kalo kegencet pas lagi tidur ato duduk sambil peluk bantal di sofa gitu.. Jiaahh.. Gw panic dunkss.. hehe.. Pas itu gw bawa doa sambil nanges2 *lebay*, n Tuhan cuma bilang "jangan takut! ini buat kebaikan keluargamu." Hah? Asli gw binun.. but karena Tuhan bilang jangan takut, gw berusaha buat ga takut meskipun kadang worry juga.. hehehe.. Gw doa terus soal itu sendiri tanpa bilang sapa2 selama beberapa minggu.. gw doa minta kekuatan sama Tuhan biar dikasi strength gitu waktu ngomong ke my parents, kekuatan juga buat my family for this news. Karena jujur gw masi ada takut juga sih ya, n I believe that my parents juga pasti kepikiran nantinya.. hehehe.. Setelah beberapa minggu, akhirnya gw beraniin bilang ke mreka. n yes, pas mreka aku kasi tau, nyokap uda kayak mao nanges gitu.. padahal gw'nya uda gpp, bisa ngomong ke mreka dengan sante'nya.. haha.. ya mana ada lah orang tua yang ga shock waktu denger kabar begituan dari anaknya? heheheheheh.. so yeaa.. waktu itu gw juga bilang ke mereka kalo gw uda bawa doa, n Tuhan bilang jangan takut karena ini buat kebaikan kita smua. 

Akhirnya, bokap nyokap gw maksa gw buat check up as soon as possible, sama dokter mana aja.. pokoknya buruan check sebelom telat. Nah gw'nya sendiri berkeras kalo gw maonya dokter ce. In fact, dokter ce di sini (yang di area gw) itu jarang. Sampe nyokap gw nanya ke mana2 soal dokter ce, n mreka bilang ga ada dokter ce.. "juaraaaaannggg bangettt Feb, kamu cepetan periksa aja lah ga usa peduliin ce/co".. haiyaa.. ga mao lah ya.. no way! cuma my future hubby yg boleh access ke sana nantinya.. hahahahaha.. jaoh amat mikirnya.. Eniwei, gw bawa doa lagi soal ini.. n God answered! Tuhan kasi gw 2 dokter ce yang bener2 dueket rumah gw, n 1 dokter lagi di campus.. Manusia bilang jarang, manusia bilang ga mungkin, tapi buat Tuhan semuanya urusan kuecil! huehehehehe.. Our God is an awesome! Gw kasi tau ke orang2 yang bilang ga mungkin tadinya.. biar mreka tau kalo Tuhan itu hidup! hahahaha.. 


"What the wicked dread will overtake them;
what the righteous desire will be granted." -Proverbs 10:24


Setelah check di 3 dokter itu, mreka bilang kalo itu "cuma" bones yang lagi swollen. Tulang bisa swollen juga yak? Indeed, yes. Why? Karena beberapa hal. In my case, gw banyak bawa barang2 berat yang akhirnya bikin my ribs working hard, akhirnya ya begitulah bengkak dah. Mreka check selama 6 months, bump'nya ga membesar n sakitnya ilang. Puji Tuhan! Indeed, dari situ we learn how to pray! hahaha.. Saat kita tenang2 kena angin sepoi2, kita bakalan brasa dunia aman terkendali. Akhirnya, santai deh sama Tuhan. Begitu kena badai, baru lah.. -___-"

Nah baru aja angin badai'nya reda, another strong wind came. hahaha.. Pas check darah di campus (ini karena gw iseng pingin tau what my rhesus is, bukan karena bump thingy hehe..), they found out kalo my livers are elevated. Hadehhh.. apalagi ya -___-" Liver gw bengkak karena KATANYA, gw ada consume alchohol, tylenol, ato anti-biotic sebelom blood test. Halahh.. ya gw bilang ma dokternya kalo gw ga consume itu smua.. gw anti obat, n ga minum any alchohol *kalo cendol gw doyan hehehe..* Lagi2, my family, n my pastors kelabakan hahaha.. Saat gw research gejala2nya, ya emang gw ngalamin beberapa dari gejala2 itu. Jadi I assumed that hasil check itu bener. They prayed hard for my healing, tapi malah saat2 kayak gitu (again) Tuhan uda kasi tau lagi "jangan takut".. Gw speechless. Pingin buat ga worry, tapi ga bisa. apalagi badan juga ngerasain ga enak2nya gitu.. haizz..

Long short story, dari 2 kejadian itu gw banyak belajar tentang doa, n gw bisa liat how great our God is.. Lebih2, gw bisa ngerasain gimana rasanya ada dalem keluarga kerajaan Allah. Saat2 doa bareng2 sama mreka smua (my family, n my church community), rasanya bener2 gimanaaa gt.. hehehe.. n terlebih what my Rainbow said was melted my heart hehehe.. Waktu gw bilang ke dia, "ko, gimana kalo misalnya aku bener2 sakit? what you will do?" He said, "jangan mikir yang engga2, itu kan kata dokter. Skalipun kamu sakit, nothing will change. I will take care of you." huhuhuhuhuhu.. In 2009, nyokap dia passed away karena cancer, n dia satu2nya yang sering bolos kerja karena anterin nyokap'nya bolak-balik buat chemo, masakin masakan ala orang sakit yang non spices a.k.a. hambar (dia juga ikutan makan loh), nemenin nyokap'nya sampe nyokap'nya balik Indo. Gw super salut sama dia.. makanya pas gw dapet kabar yg aneh2 soal sakit ini-itu, gw juga binun gimana mao sampe'in ke dia. Masa dulu nyokapnya uda sakit begitu, skarang gw.. kasian amat.. hahahaha.. But yeaa, God has a plan for all of us. Dengan adanya badai2 ringan n besar, kita makin deket sama Dia. Mestinya kita makin seneng ya kalo Tuhan proses, karena itu brarti Tuhan masi peduli sama kita. hehehehe..

Beberapa hari lalu hasil blood test gw yang kedua keluar, n the result is fine. Praise God. Tuhan emang Allah yang dahsyat n hidup. Apapun yang terjadi sama kita, semua itu dalam rencanaNya. Saat kita declare kalo kita mao ikut Tuhan, Tuhan ga janjiin hidup kita bakalan lancar kayak jalan tol, tapi Dia janji kalo Dia ga akan perna ninggalin kita. So, whatever is happening now, just put your faith in Him. Karena Dia turut bekerja dalam segala perkara. Kalo Tuhan ga redakan badai hidup kita, Dia pasti kasi kita kekuatan buat menari dalam badai! Don't lose faith, but tighten our hands to Him! To God be the glory!

"No temptation has overtaken you except such as is common to man; but God is faithful, who will not allow you to be tempted beyond what you are able,  but with the temptation will also make the way of escape, that you may be able to bear it."
-1 Corinthians 10:13





6 comments:

  1. Puji Tuhan sembuh XD heheheh~ God really awesome!

    ReplyDelete
    Replies
    1. He is! hahaha.. emang karena kejadian itu, I saw my parents (especially my mom) prayed even harder. hehehe.. praise God! :p

      Delete
  2. duileh buuu kok complicated bener ya ngeri uy. mgkin karena disini jarang ada test darah gtu2 gw jadi g tau x ya, n mikir fine2 aja smuana. gw msti lgsg cek darah ni kekna wakkaak. cek trigilisit, kolestrol etc.

    gw juga pernah loh alamin kaya ur first case, tpi bedanya gw bernanah dari puttingnya wkwk. dulu gw masi santai aja gak kenapa2, tapi pas di cab mo k dktr gw nangis bo! tnyata gw takut mati muda juga BRUAKAKAKAKAK. abisan banyak bner yg meninggal karena breast cancer dikala muda.. uhuhu. dan gw juga alamin yg sama exactly, gak ada dokter cewe. haha. tpi akhirnya ada. jd kepikiran buat nulis blog ttg ini hwhw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. awal'nya gw juga ga mikir buat test darah.. itu karena gw penasaran sama yang namanya blood rhesus. sampe dokternya juga cengo waktu gw bilang mao check my blood rhesus.. dikira gw mao plan hamil hahaha.. ya iya sih, emang jarang orang tau n care soal rhesus.. gw sih cuman iseng aja. pas pelajaran biology di SMP dulu, ada bahas soal rhesus itu.. jadinya gw penasaran sama rhesus gw. Taon demi taon, gw lupa sama penasaran itu.. akhirnya bbrp bulan lalu (krn kasus my right breast), gw tau kalo di kampus ada blood test service. Ya begitulah jadi'nya.. hasil'nya malah diluar dugaan.. wkwkwkwk.. nyokap gw uda takut kalo gw kena hepatitis.. hahahaha.. puji Tuhan kalo at the end smua jadi rajin doanya hihihihi..

      oya? wow.. gw mah pasti nanges juga lah hahaha.. ayo tulis juga bu! hehe.. we share because we care.. :) Pasti banyak lah ce2 di luar sana yg ngalamin hal yg sama, tp takut buat open.. We should let them know that God cares of them. Nothing is too big or too small.. even urusan gender dokter'nya juga Tuhan peduli.. hehe :)

      Delete
  3. hmm.. cerita nya ce.. inspirasii banget.. pas baca awal2nya, ikutan panik.. at least , begitu udah selesai baca, yaaa lega.. :D puji Tuhan banget deh.. luar biasaa soro cerita e cee.. tpi emg ia ya ce.. masalah yang kita pikir sama sekali nggak ada bagus2nya waktu kita jalanin, tpi ntar akhir@nya pasti kaya, "oalah, ky gni ta Tuhan.." gituu,, wkakakaka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyapp.. emang sutradara'nya tuh Tuhan, kita cuman pemain figuran doank.. jd ya nurut aja lah.. hahaha..

      Delete