Friday, July 18, 2014

Ketakutan yang Menghalangi Pekerjaan Tuhan

Wow.. emang akhir2 ini aku jarang banget blogging ye. Kalo dibilang ga ada waktu, koq ga mungkin.. hahaha.. Secara sehari ada 24 jam gitu loh, kemana semua? lol.. Kali ini aku pingin nulis tentang ketakutan yang menghalangi pekerjaan Tuhan. Loh koq? Apa hubungannya? O_o

Sejak beberapa minggu, aku notice ada lebah2 yang bersarang di pojokan beranda apartment dimana aku sekeluarga tinggal. Panik? So pasti. Apalagi lebah bisa bikin gendut a.k.a. menyengat.. wkwkwk.. Jadi ya, engga banget dah kalo itu lebah2 dibiarin bersarang di sana. Karena ga berani buat ngusir lebah2nya, aku ngomong sama ade yang ternyata juga berpikiran sama.. "kalo disengat gimana?" Kami berdua ngerti cara ngusir'nya ya pake asap.. karena lebah emang takut sama asap dan asap itu bikin mereka mati. *Ya iya lah, manusia juga kan.. -_-*  Singkat cerita, kami bikin laporan ke bokap.. heheheh.. Di luar dugaan, bokap antusias buat ngusir lebah2nya! Karena itu maenan dia waktu kecil, jadi bukan hal baru buat dia.. wkwkwk..  Aku dan ade jadi ngeri sendiri, itu ntar kalo disengat gimana? Mesti'nya ngomong sama pihak apartment supaya mereka hire orang yang emang menangani urusan beginian.. bla bla bla.. bli bli bli.. blu blu blu.. Akhirnya, disikat itu lebah2 sama bokap.. dan sekarang ilang semua. Yayy!

Dari kejadian itu, aku jadi punya refleksi sendiri. Pertama, segala ketakutan kita bikin kita jadi disable. Just IF, I was wise and brave enough.. mungkin aku bisa praktekin my knowledge PLUS pengalaman bokap ngusir lebah2nya. Karena aku mikir'nya takut ini dan itu, ilang deh kesempatan buat praktek.. wekekeke.. Kedua, kalo ketakutan aku dibiarin merajalela.. itu berarti aku biarin lebah2 itu bersarang di sana.. makin lama makin banyak.. Hiyy! Don't you think it will be a problem for us one day? Imagine, kita tinggal di daerah yang deket sama lebah yang possibly bisa masuk rumah.. haiyaaaa! ga mau lah yauuu!!

Sebenernya ini juga relate ke kehidupan rohani kita. Saat kita memiliki ketakutan, dan kita biarin ketakutan itu menjamur.. what's gonna happen? Kita ga melihat mujizat Tuhan! Sapa sih yang ga punya kuatir? Sapa yang ga punya rasa takut? Ga ada lah. Itu manusiawi. Preman aja juga punya rasa takut, saking dia nekat. Dia kalahin semua ketakutan dia dengan tindakan. Nah loh koq jadi bahas preman.. hahaha.. balik lagi.. Apa yang terjadi kalo kita biarin ketakutan/kekuatiran kita menguasai kita? Kita ga bisa liat kemuliaanNya. Itu berarti kita udah menghambat pekerjaan Tuhan!

"Wow, ga segitu'nya kali Feb!"

You think so? Hmm gini deh.. Menurut kalian, apa tugas kita sebagai orang percaya di bumi ini? Tuhan bilang, "jadilah saksiKu." Nah gimana cara untuk menjadi saksi? Harus mengalami. Gimana mau mengalami, kalo segala sesuatu ditangani sendiri? Gimana mau menjadi saksi Tuhan kalo setiap ada masalah, pikiran sendiri yang pusing tujuh keliling? Nah lohhh.. Ga mungkin kan kalo kita memberi saksi tentang sesuatu yang belom kita lihat/jalani/hadapi/dst. Gimana kita mau jelasin tentang Tuhan Yesus ke orang yang belom percaya kalo kita sendiri ga percaya Dia? Dibilang dalam firman, gimana bisa orang buta menuntun orang buta?

"Loh, aku percaya Feb.. tp kekuatiran itu ga bisa ilang. Kan katanya manusiawi."

Hmm.. itu mah justification aja ya.. kalo kekuatiran itu ga bisa ilang. Inget ga waktu kecil dulu kalo kita dibonceng motor bokap/nyokap, kita tenang2 aja.. tapi begitu dibonceng motor temen yang baru belajar, makkk merinding amit2 takut jatoh.. wekekeke.. Kita begitu percaya sama bokap/nyokap kalo mereka udah jago nyetir, sehingga kita ga kuatir jatoh. Padahal sekarang pas kita udah dewasa, kita nyadar kalo chance buat jatoh pasti ada.. tapi karena kita yang masih kecil itu percaya TOTAL, ga ada lagi rasa takut/kuatir itu.

Demikian juga sama Tuhan, kalo kita percaya TOTAL sama Dia, kita ga akan ada kekuatiran lagi. Ralat! Kekuatiran itu tetep ada.. kekuatiran itu tetep dateng, TAPI kita tau harus lari ke siapa untuk minta pertolongan. Setelah minta pertolongan, PERCAYA kalo Tuhan pasti menolong. Percaya bukan hanya dimulut aja, percaya itu butuh totalitas. Arti'nya, bukan percaya hanya dari perkataan aja, tapi percaya dengan tindakan. Apa tindakan itu? Hilangkan kekuatiran/ketakutanmu.

Jadi kuatir/takut adalah pilihan. Semua ada ditangan kita. Sama seperti kasus lebah2 tadi.. Lebah'nya tetep dateng.. tetep ada.. tapiiii, kami memutuskan untuk mengusir. Kalo dibiarin? Ya bakalan jadi sarang lebah deh di beranda kami. Jadi ga enak kalo keluar rumah, takut lebahnya masuk rumah. Jadi, sebelom lebah2 itu masuk rumah, jangan biarin itu bersarang di depan rumah! Sebelom kita gagal menjadi saksi Kristus, jangan biarin ketakutan/kekuatiran kita bersarang dalam hidup kita! Inget temen2, kita udah diberi kuasa untuk menginjak2 ular dan kalajengking, mengusir kuasa jahat, dll.. but, it REQUIRED our effort to do so. Tuhan emang maha dahsyat, tapi Dia memberi kita kebebasan untuk memilih percaya Dia ato kaga. So, let's say NO to our worries and fears! To God be the glory! :)


No comments:

Post a Comment