Sunday, October 26, 2014

Aku pingin jadi Graphic Designer, tapi..... - Part 1

Aku paling picky soal nyari kerjaan. Why? Karena tadi'nya aku ga mau involved sama non-believer. Duilehh sombong aje neh ya diriku! hahaha.. Ajaib'nya, aku ga nyadar loh, sampe Tuhan tegur -_-  Emang bener perkataan firman yang dibilang balok di mata sendiri ga keliatan, tapi selumbar di mata oranng laen kita jelas buanget liatnya.. wkwkwkwk..

Oh well.. Tadi'nya aku berprinsip kalo aku ga mau ngerjain hal2 yang bertentangan dengan firman Tuhan. Misalnya, kerja di company yang jual majalah remaja.. majalah yang aku maksud di sini tuh majalah2 remaja yang ngebahas soal trend jaman sekarang, dll. Bukan karena aku anti ato benci design majalah (you know I love designing majalah Pearl! hehehe), tapi itu karena majalah2 itu hanya bertujuan untuk keuntungan pribadi dari company majalah itu sendiri. You know lah.. majalah remaja begitu, isi'nya selalu tentang baju yang trend sekarang, gimana buat cowok ato cewek nempel sama kalian, dll. Ga penting lah pokok'nya. Yang penting, audience suka beritanya, dan banyak profit masuk ke company. Dan yang terlebih.. majalah2 itu juga menampilkan model2 yang ga exist! Why? Karena model2 itu kebanyakan hasil Photoshop. 

Ironis'nya, banyak cewek2 ato cowok2 remaja yang jatuh di situ. Mereka pingin jadi selangsing/secakep/sekeren model2 itu, padahal itu juga bukan asli orang'nya aka hasil edit-an. Long short story, aku ga mau kerja as a photo editor/retouching di company majalah, apparel, dll. Belom lagi kalo pas Halloween season, haduhh.. pasti Graphic Designer'nya yang kudu bikin iklan buat product2nya. Ga mau bangettt pokoknya! Intinya aku ga mau involved di something yang Tuhan ga berkenan. Ujung2nya, aku ga apply kerjaan apa2 karena alesan2 diatas.. aku lebih memilih freelance yang (menurut aku) bisa bebas milih kerjaan yang aku mau.

Waktu aku sharing ke temen aku yang udah pengalaman di dunia Graphic Design, dia cuma ketawa dan bilang "mana mungkin Feb? Kamu salah jurusan. Kalo kamu pilih jurusan Graphic Design, berarti kamu udah tau konsekuensi kamu. Kerjaan Graphic Designer, ga lepas dari iklan.. meskipun iklan jaman sekarang isi'nya aneh2, ya kamu jangan ikut2an. Kamu kudu kuat pegang Christian value kamu. Kerja ya kerja aja, don't take it personally." Dalam hati, aku mikir sih make sense yang diomong temen aku itu. Tapi setelah aku inget2 lagi, bukan aku yang pilih jurusan, but Him. 

Aku pernah sekali mau "lari" dari jurusan ini karena ngerasa bukan my place.. tapi selalu batal.. wkwkwkwk.. Saat itu aku cuman doa aja biar Tuhan yang pilihin aku kerjaan karena emang jurusan ini pun Tuhan yang kasi. I believe that He will make a miracle. Nothing is impossible for Him kan? hehehe..

Tapiiiiii.. saat aku doa soal kerjaan, jawaban yang aku dapet malah teguran. huehehehe.. Tuhan ingetin aku supaya aku jangan sombong dengan cara membatasi kerja Tuhan. Kalo emang aku percaya Tuhan itu mau pake aku, kenapa aku membatasi Tuhan? Itu kan sama aja kayak aku minta diutus Tuhan untuk pelayanan, tapi aku milih tempat/bidang pelayanan/orang2 yang dilayani. Huffttt.. 

Setelah dapet teguran itu, aku ga lagi minta dengan kriteria tertentu. Aku doa minta yang terbaik aja.. kalo Tuhan kasi aku bekerja di suatu company, pasti ada alesannya.. pasti ada visiNya.. ga mungkin cuma asal aja kan.. hehehe.. Jadi akhirnya aku pasrah total. Terserah Tuhan maunya gimana.. kalopun aku harus kerja di tempat yang tadinya aku hindarin, aku mau terima.. karena aku percaya, Tuhan juga pasti kasi kemampuan. Bukan kompromi, tapi aku cuma mau yang Tuhan mau. Kalo emang aku ini lilin, ya berarti aku harus bersedia dibakar to be the one He wants me to be.

Tapi emang ketaatan itu ga  mudah. Perlu diasah dari waktu ke waktu, kalo engga.. tumpul dah. Oh no! >_<  Dan saat kita taat, mujizat pasti terjadi.. kita pasti melihat kedahsyatan Tuhan kita :)


However, as it is written:
"What no eye has seen, what no ear has heard, and what no human mind has conceived" the things God has prepared for those who love Him
- 1 Corinthians 2:9 

To be continued... here

No comments:

Post a Comment