Friday, April 5, 2013

Waktu dan Proses

Waktu adalah salah satu musuh terbesar kita, agree? Kalo buat gw seh iya.. Rasa'nya tiap hari kejar2an mulu sama waktu.. hahaha.. Dibanding sama jaman2 bahela, jaman sekarang orang2 lebih suka something instant, no wonder fast food jadi makanan favorit. Bahkan saat diproses Tuhan pun, kita mengeluh karena kelamaan.. Hayo ngakuu.. hehehe.. Padahal semua pekerjaan Tuhan itu memakan waktu.. membutuhkan proses yang kadang2 ga sebentar. Bukan karena Tuhan yang ga sanggup bikin itu short, but Dia mao kita belajar through the process.

Coba kalo kita inget2 lagi pas Israel dibawa keluar dari Mesir sama Tuhan.. Tuhan kita maha dahsyat, ada amen? Tapi napa Dia masi perlu 'berdiskusi' sama Firaun? Tuhan mampu kan bawa keluar gitu aja umatNya tanpa ba-bi-bu sama Firaun? Tapiiii.. Tuhan masi kasi kesempatan sama Firaun buat tobat, meski Tuhan tau kalo Firaun pasti mengeraskan hati'nya.. Ga percaya? Ayo2 kita buka di Keluaran 3: 19..

"Tetapi Aku tahu, bahwa raja Mesir tidak akan membawa kamu pergi, kecuali dipaksa oleh tangan yang kuat."

Tuhan tau semuanya dari sebelom kita dilahirkan, Tuhan udah tau keputusan2 apa yang akan kita buat.. Bahkan Tuhan tau apa kita akan menang dari pertandingan ini ato kaga.. Tapi Dia kasi kita kesempatan buat kita menang! Dia mao semua orang mengenal Dia karena cuma Dia satu2nya jalan keselamatan dan hidup. Ya karena Firaun milih buat kerasin hati, Tuhan bikin keras sekalian.. Beberapa kali ditulis di Alkitab kalo "..Firaun mengeraskan hatinya..." dan akhirnya ya "..Tuhan mengeraskan hatinya..". Dari sini kita juga bisa belajar supaya kita ga challenge Tuhan keterlaluan. Emang ya Tuhan kita itu penuh kasih dan pengampunan.. Tapi kalo tiap kali kita berdosa, trus kita minta ampun, and akhirnya jatoh di lubang yang sama lagi.. hmmmm.. Kudu ati2, jangan sampe Tuhan keraskan hati kita, and as consequence kita ga lagi merasa bersalah saat kita ngelakuin dosa2 kita itu. Haizz.. itu bad news kalo uda begitu.

Nah back to process matter ya.. hehehe.. Tuhan milih ngasi Mesir 10 plagues karena Dia mao demonstrate how great He is compare to Pharaoh and his magicians. Ya iya lah ga ada yang bisa bandingin Tuhan kita, tapi kebanyakan dari kita juga bakalan doubt kalo belom ngeliat ato mengalamin sendiri. Jadi disitu Tuhan kasi kesempatan Israel buat liat how big their God is.
Mereka bahkan mengalami 40 taon proses.. FOUR DAYS journey became FORTY YEARS journey! Ga maen2 tuh.. hahaha.. But why? Dijelasin di Keluaran 13:17,

"..jangan2 bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir."

Duhh.. Bahkan Tuhan masi menjaga hati Israel. Dia ga mao Israel jadi anak manja yang apa2 merengek2. Tuhan mao Israel jadi bangsa yang kuat, jadi bangsa2 laen bisa ngeliat bedanya umat yang diberkati Tuhan and kaga.

Saat Israel diperintahkan untuk nyebrangin laut Teberau, sebenernya Tuhan juga kasi proses disana. Tuhan ga belah lautnya in seconds, but He divide the sea ALL NIGHT. Selama ini gw percaya kalo pas Musa angkat tangan'nya, pas saat itu juga laut'nya kebelah.. Ternyata kaga! hahaha.. Yukk diliat dulu di Keluaran 14:21..

"Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan SEMALAM-MALAMAN itu Tuhan menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu."

Tuhan menguakkan air laut dengan PERANTARAAN angin dan Musa. Tuhan ga mao dominasi pekerjaanNya. Bukan karena Dia ga sanggup kalo ga "dibantu", tapi Tuhan humbly enough to invite us yang ga bisa apa2 ini ikut di pekerjaanNya yang maha dahsyat.

Seringnya, manusia ini sombong.. "eh liat neh gw dipake Tuhan luar biasa, gw bisa ini-itu.." Jangan lupa guys, it's nothing about us.. It's all because of His grace kalo kita dipakaiNya. It's an honor kalo Tuhan yang maha segala2nya mao pake kita yang sering mendukakan Dia. Saat Tuhan proses kita, sebenernya itu juga suatu hal yang "nyenengin".. Ha? Diproses kan ga enak, koq bisa seneng? Yes, coba liat di Wahyu 3:19..
"Barangsiapa Ku kasihi, ia Ku tegor dan Ku hajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!"

Kalo Tuhan hajar/mendidik kita, itu bukan karena Dia ga sayang and mao jatohin kita. BIG NO! Justru saat itu Dia mao kita ini ngeliat dosa2 kita and berbalik kepadaNya. Itu justru tanda sayang dari Tuhan. Sapa yang ga seneng kalo disayang Tuhan hayo? hehehe.. Semakin kita berontak, semakin sakit sendiri. Bahkan kalo Tuhan uda ga mao urusin kita lagi, itu lebih parah lagi sakit'nya.. Ga ada yang inget2in kita lagi kalo kita mulai melenceng.. >___<  Ga usa ada perasaan iri sama orang2 dunia yang idup'nya looks easier that ours. Inget guys, orang2 yang akan dipake untuk pekerjaan special, pasti akan ditraining secara special juga.. hehehehe.. So, let's do our best to finish this race! To God be the glory! :)


No comments:

Post a Comment