Sunday, July 1, 2012

Melekat Kepada Bapa

Gw ga percaya kalo gw libur hahaha.. Luama bangetzz ga update.. >_<  Actually, I am in summer break now, but somehow I don't have enough time to sit and update my blog.. hahaha.. Anyways, this month is my moniversary with Him. Six years ago was where my new life begin. I was baptized 6 years ago on July 30th, and kalo di Indo sebelom baptis kan selalu ada kek katekisasi gitu; "kelas" khusus yang wajib kita attend buat dig deeper about Him and Christianity. Jujur, hingga saat di "kelas" pun, gw masi belom bener2 serius akan baptisan. Gw cuman ngerti kalo gw mao baptis n jadi Kristen.. So, di "kelas" itu ya gw ngikutin'nya as requirement aja sebelom baptis.. Ga lebih.. Oh my.. -___-  Beberapa bulan setelah gw baptis, gw pindah kemari.. nah, it's when my new life begin. Sebenernya seh sejak we declare as Christians, we start a new life. Tapi somehow, gw ga brasa apa2 at the moment.. N sekarang gw tau kenapa, itu karena gw ga sungguh2.. Saat2 itu saat dimana gw masi banyak compromize this and that. Gw masi ga tau kalo Christianity is a RELATIONSHIP with Jesus. Gw pake caps in relationship karena itu penting. Christianity bukanlah agama, tapi itu hubungan kita pribadi dengan Bapa.

"Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, 
sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, 
tetapi Aku menyebut kamu sahabat, 
karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu
yang telah Kudengar dari Bapa-Ku."
-Yohanes 15:15

Wow! Sapa yang ga mao hayo?? Gw mah mao buangett.. hahaha.. Bukan Juli gini, gw biasanya banyak spend time buat reflect saat2 gw masi belom jadi anak Babeh dulu.. hehehe.. Bukan untuk inget2 jaman bahela, but gw make sure kalo gw ga balik kek dulu. Gw ga mao. Well, itu bukan juga berarti gw udah suci n idup gw bebas dari hal2 ga enak. Nope! Jadi Kristen itu bukan jaminan kalo kita ga akan ngalamin pasang-surut idup. Banyak orang mikir kalo kita udah jadi anak Babeh, kita aman dari serangan macem2 aka bebas masalah. Oya? "Loh Feb.. Kan Tuhan sendiri bilang, kalo Tuhan ada disisi kita, siapa berani melawan?" Yup, bener banget. Masing2 anak Tuhan memiliki kuasa untuk melawan iblis n roh2 yang bukan berasal dari Bapa, tapi ga semua sadar akan kemampuan'nya! Iblis itu takut sama anak2 Tuhan, bahkan iblis pun ijin kepada Bapa untuk mencobai Ayub. Kalo ada yang belom tau cerita Ayub, monggo buka dulu Alkitab'nya ya.. hehehe..

Dalam Ayub 1:1 dikatakan bahwa Ayub adalah orang yang saleh, jujur, takut pada Allah, n ngejauhin kejahatan. Tapi kenapa hidupnya juga porak-poranda? Kalo mao ngomongin soal keadilan, apa itu adil buat Ayub? Kaga. Di Ayub 1:1-5 juga dijelasin gimana saleh'nya dia. Dia juga rajin mempersembahkan korban buat Tuhan. Dah pokok'nya anak kesayangan lah.. hehehe.. Tapi saat iblis dateng kepada Tuhan buat mencobai Ayub, kenapa Tuhan ijinin? Itu karena Tuhan percaya bahwa Ayub setia, n sanggup lewatin ujian itu. Kalo seumpama ada buku yang anti api aka ga bisa kebakar.. Kita2 pada penasaran dunks gimana rupa itu buku? Nah skarang gimana cara buktiin kalo buku itu anti api? Satu2nya cara untuk membuktikan ya dengan cara dibakar. Kalo emang dia tahan api, dia pasti bertahan hingga akhirnya. Dia ga akan abis dimakan api. Itu yang Tuhan buktikan kepada iblis. Di ayat'nya yang ke 8, Tuhan udah bangga memuji2 Ayub didepan iblis. Nah trus si iblis minta pembuktian dari kebanggan Bapa. Disitulah kesalehan, kejujuran, dan kesetiaan Ayub diuji. Untuk apa? Ya supaya keliatan kalo emang dia setia kepada Bapa.

Nah gimana dengan kita sendiri? Dulu gw cuman manggut2 aja kalo denger ato baca cerita tentang Ayub. Gw kagum sama Ayub yang sanggup lewatin pencobaan'nya, tapi gw lupa missed apa dibalik semua itu. Gw lupa kalo mata Babeh itu selalu ngelihat gw. Gw lupa kalo Babeh juga pingin gw deket ke Dia, seperti Ayub yang melekat sama Allah. Babeh pingin kita semua bukan cuman deket ke Dia, tapi bener2 melekat! Gw bersyukur kalo Bapa kita adalah Bapa yang baik dan selalu kasi kita kesempatan kedua. Dia ga pernah ninggalin kita sedetik'pun meski seringkali kita bikin Dia menangis dengan kelakuan, pikiran, n ucapan2 kita. Never! Kalo sekarang gw flash back, gw ga brani bayangin dimana gw sekarang kalo Tuhan ga 'jemput' gw. Gw ga brani bayangin gimana gw adepin dunia yang jahat ini. How great is our God! I have no words to describe His majesty. Seriously, gw paling ga bisa kalo disuruh jelasin gimana dahsyat'nya Babeh kita. He's just too marvelous, too great, too wonderful, too beautiful, n many more deh! Kalo ga percaya, liat deh karya2Nya.. The beauty of sunrise n sunset, the calm of ocean, the blue sky, rainbow, and look at those clouds! Everything just perfect! Halah2.. Kita ini sapa koq berani2 nantangin Dia??? Ga takut apa ya.. >_<

Yang pasti, Tuhan tuh mao kita jadi Kristen yang kuat dan tangguh, bukan Kristen bayi yang apa2 bisa'nya cuman nanges n blame God. I was like that. Dulu gw mikir kalo udah baptis, idup bakalan aman karena Tuhan jamin. Yes, Tuhan jamin, tapi bukan berarti aman dari serangan. N juga, kita sbagai anak2 Allah juga punya bagian yang harus dikerjakan. Nah, itu dia yang gw missed.


"Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah iblis, maka ia akan lari dari padamu!"
-Yakobus 4:7

"Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. 
Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak
sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa."
-Yohanes 15:5

"Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah
supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis
karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, 
tetapi melawan pemerintah-pemerintah, 
melawan penguasa-penguasa, 
melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, 
melawan roh-roh jahat di udara.
Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, 
supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, 
sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.
Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, 
sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, 
yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan."
-Efesus 6:11-18a

See? Itu cuman sebagian dari sekian banyak ayat2 yang beberin soal ketergantungan kita sama Babeh. We are nothing without Him! Sekali lagi, jadi Kristen bukan jaminan keselamatan. Percuma ngaku Kristen kalo idup masi 50-50. Well, emang ga ada manusia sempurna, yang penting adalah pertobatan kita n kemauan kita untuk diubahkan menjadi serupa gambaranNya. Ya even gw sendiri bisa ngomong begini juga bukan karena gw udah sanggup nempel sama Babeh. Gw juga masi in process koq.. hehehe.. Maka itu, ayo kita saling menguatkan dalam Tuhan! Jangan sampe kita kemakan tipu muslihat iblis! Ga banget deh >_<   Menjelang kedatanganNya yang kedua, ayo kita berlomba2 untuk melekat pada Pokok Anggur yang benar! Bukan hanya mendekat, tapi bener2 melekat eraaatttt kek ranting n pohon.. Smangaaddd!  \(^_^)/

"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, 
Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku."
-Mazmur 91:14


2 comments:

  1. Happy anniversary hehehehe~

    What a journey with God! Hope I can hear more about that in your writing heheheh~ Gbu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengkiuuu jeung! Semakin reflect, semakin terharu sama kebaikan Tuhan.. huhuhu.. >_<

      Delete