Tuesday, July 3, 2012

Perkataan Tuhan = Jalan Tol?


Apa yang berasal dari Tuhan, pasti bakalan berjalan lancar. Is it true? Nope. Apa yang berasal dari Tuhan, bukan berarti kita ga memerlukan effor to make it happen. Kita tetep punya bagian kita untuk kita kerjakan. There's a saying, we do our best and let God do the rest. Ya kan? Kan bukan Let I do all of the things for you.. Tuhan ga mao spoil kita. Dia mao kita jadi anak2Nya yang tangguh dan berani. 

Seperti pas Tuhan memilih Daud untuk dijadikan raja bagi Israel, apa Daud langsung jadi raja? Apa tiba2 Tuhan bilang "wahai bangsa Israel, inilah rajamu yang baru *tadaaa*" Ga kan? Tapi Tuhan mempersiapkan Daud. Tuhan bawa Daud ke istana raja Saul sebagai pemain kecapi; sebagai pemuji dan penyembah Tuhan di istana. Saat Tuhan menjanjikan Israel tanah Kanaan yang berlimpah susu dan  madu'nya, apakah Tuhan langsung membawa mreka kesana? Seharus'nya iya, they need 4 days/weeks (sorry, I always miss this part), but at the end they spend 40 years turning around in desert. Itu karena Israel yang bersungut2. 

Nah tapi even udah sampe ke tanah Kanaan, apakah mreka langsung bisa bagi2 tanah sebagai pusaka mreka? Apakah mreka bisa langsung bangun rumah disana? Kaga. Mreka harus BERPERANG dulu ngelawan penduduk asli disana. Hah? "Loh Feb, kalo emang Tuhan kasi Kanaan buat Israel, napa mreka harus perang dulu usir orang2 Kanaan dan sekitarnya? Kata'nya dari Tuhan.." Nah itu point'nya. Tuhan ga mao spoil kita karena Tuhan amat sangat mengasihi kita sekali! *amat, sangat, sekali.. kata2 yang uda pasti bakalan bakalan dimarahin guru bahasa Indo gw dulu hahaha..*  Tuhan ga mao kalo apa2 langsung memberikan tanpa kita berusaha. Kalo kita baca di kitab Yosua 12, Israel mulai merebut daerah Kanaan dari merobohkan Yerikho sampai perang merebut negeri2 di sekitarnya. N semua itu atas perintah Tuhan, bukan kemauan mreka sendiri. Mreka berperang ga putus2 dan tanpa lelah. Pokok Tuhan bilang apa, mreka lakuin. Berkali2 Tuhan bilang ke bangsa Israel supaya ga takut karena bangsa2 itu udah diserahkan kepada mereka. Well, itu juga salah satu pembuktian kalo Tuhan uda memberikan sesuatu, ga ada yang bisa menahan ato mencurinya. Kalo Tuhan udah buka pintu bagi kita, ga ada 1 orang pun yang mampu menutup. How amazing He is! :)

"Bukankah telah Ku perintahkan kepadamu: 
kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati,
sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi." - Yosua 1:9

"Tetapi kamu, janganlah kamu berhenti, 
kejarlah musuhmu dan hantamlah barisan belakangnya;
janganlah biarkan mereka masuk ke dalam kota-kota mereka, 
sebab Tuhan, Allahmu, menyerahkan mereka kepadamu." -Yosua 10:19

"....Tidak ada seorang pun yang berani melemparkan kata-kata ancaman terhadap orang Israel." -Yosua 10:21b

Wow! Hebat'nya Allah Israel yang dahsyat itu jugaAllah kita semua! Yayy! :D  Well, meskipun bangsa Israel uda perang bertaon2, tapi belom semua area direbut. Oh my.. Betapa luas tanah perjanjian itu.. >_<  Sayang sekali, bangsa Israel missed 1 bangsa karena Israel termakan tipu muslihat mreka. Semua bangsa takut kepada bangsa Israel karena Allah yang mreka sembah sanggup membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir, sanggup membelah laut Teberau n sungai Yordan dll deh.. Sapa yang ga gentar coba? Nah termasuk bangsa Gibeon ini.. Saking takut'nya, bangsa Gibeon pingin menjalin persahabatan aja dengan bangsa Israel. Cari selamet lah bahasa gaul'nye.. hehehe.. Israel ga nyadar kalo uda di-bego'in sama Gibeon. Karena apa? Karena Israel ga nanya Tuhan dulu saat mreka mao menerima upeti persahabatan Gibeon. 

"Lalu orang-orang Israel mengambil bekal orang-orang itu, 
tetapi tidak meminta keputusan Tuhan." -Yosua 9:14

Akhir'nya bangsa Israel nyesel karena ternyata mreka kena tipu n ga bisa menduduki ara tersebut.. Tapi apa daya, janji adalah janji.. Dsini kita bisa belajar, how important to involve God in every decision we  make! Ga ada keputusan besar ato kecil di mata Tuhan. Buat Tuhan kita adalah segalanya; so apapun yang kita bawa ke Tuhan, Dia pasti menanggapi kita dengan serius! :)    Seringkali kita merasa sok tau.. merasa kalo hal itu terlalu kecil untuk ditanya ke Tuhan.. merasa yakin kalo keputusan yang kita bikin udah the best of bests.. Apa iya? Cuman Babeh yang tau.. Jujur, gw sendiri masi dibentuk dalam hal ini. Akhir2 ini beberapa kali gw dapet something dari Babeh yang ga relevan sama realita. Doubt? Pasti.. Gw kadang mikir, apa bener ini dari Babeh? Apa bener ini yang Dia mao? etc.. Kalo uda begitu, jalan satu2nya adalah menguji'nya.. Kalo emang itu kehendak Babeh, kita pasti bisa ngelewatin. Bukan berarti kita menjalaninya dengan bebas masalah. Nope. Tapi kita bakalan dikasi kekuatan yang melampaui akal kita. Meski kita yakin kalo kita ga mampu, but somehow kita bisa lewat.

Ini yang mao gw share.. Apapun yang berasal dari Tuhan, bukan jaminan kalo kita bakalan terima itu instant. Meski kita udah diyakinkan melalui Roh Kudus, dan orang2 percaya lain'nya (kek pastors, parents, etc), itu bukan jaminan kalo kita pasti ngelewatin dengan mulus. Nope. Saat kita percaya apa yang Tuhan katakan, pegang itu erat2 dan imani. Meskipun itu ga sama dengan realita yang ada sekarang, just believe it that someday everything will turn to what He said. Allah kita bukan pendusta. JanjiNya ya dan amen. So, kalo Tuhan berjanji sesuatu sama kita, don't doubt on it! *I talk to myself too.. lol..* Pegang teguh janji'Nya dan tetep melekat sama Dia. Sisitu, kita akan liat kemuliaan dan mujizat2Nya.. To God be the glory! :)



No comments:

Post a Comment