Friday, August 12, 2011

Mengasihi Diri Sendiri Sebelum Mengasihi Orang Laen

Wooo.. Sounds easy ya? hehehe.. Tapi buat gw ini justru bukan hal yg gampang buat kaum Hawa..  *sigh* Di dalem Firman selalu dibilang supaya kita menyayangi sesama kita seperti diri kita sendiri.. Ada bbrp ayat pula! Ga percaya? Monggo kita liat..

"Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri" -Matius 22:39

"Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." -Lukas 10:27


"Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa." -1 Petrus 4:5

Masi ada banyak lagi ayat yang bilang supaya kita menyayangi sesama kita seperti diri kita sendiri.. Why? Karena hukum yang terutama adalah kasih. Nah skarang pertanyaan gw, gimana kita mao menyayangi sesama kita kalo kita ga tau gimana menyayangi diri kita sendiri? Ooohh.. Menyayangi diri sendiri mah gampang feb! Ke salon aja tiap hari, manjain diri dengan spa, manicure, pedicure, bla.. bla.. bla.. Oya? Is that really the way how to love ourselves? Oh ya ga cuman itu lahh.. Kita bs ke mall! Shopping aja bareng2 seharian.. Makin rame, makin seru loh.. Mana sale'ny gede2an sekarang.. Hohohoho.. Ato masih banyak loh hal laen yg bisa kita kejar dalam idup! Misal'ny education, ato bahkan cari calon suami yg berkepribadian (yg pny rumah pribadi, mobil pribadi, tabungan pribadi,  ato bila perlu helicopter pribadi sekalian *__*) gt lah..

Heloowww fellaass!! Itu bukan cara untuk menyayangi diri! Spoiled diri kita sih iya.. hehehe.. So, how to love ourselves? Kalo in my opinion, kita bisa dibilang SUDAH MENCINTAI DIRI KITA SENDIRI SAAT KITA BISA MENERIMA DIRI KITA APA ADANYA.. Yang gw maksud apa adanya disini nih paket lengkap loh ya.. Menerima segala kelebihan dan kelemahan kita..

Hmmm.. Gw seh suayangg bangettss sama diri gw feb.. Lebih2 rambut gw! Liat deh gw rajin loh gunting rambut tiap ujungnya bercabang.. Gw juga sering makan macem2 sayuran biar rambut gw penuh nutrisi.. huehehe.. Kalo sampe ada yang berani bikin kusut, uda gw tendang sampe keluar Bumi.. *ya elah.. kejamnya dunia..* Nih malah gw mao cat warna merah krn sekarang emang lagi trend, biar rambut gw juga ikutin perkembangan jaman gt.. *gubrakzz*   Ladies, I'm sorry to say, itu mah namanya BUKAN menerima diri apa adanya! Kalo emang rambut udah diciptain item, ya ude terima aje begitu.. Kalo emang udah diciptain merah, ya uda ga usa mao diganti2 jadi item.. >__<

Ato mulai ngebandingin diri sendiri sama the girl next door.. Wihh, tetangga gw itu ya keren abisss lohh.. Uda cakep, pinter nyanyi, jago dansa pula! Aujubileehh.. Holoh2.. Ga penting! Masing-masing orang punya kelebihan dan kelemahan sendiri.. Jadi ga usa liat rumput tetangga yang ijo itu.. Karena mungkin emang kita'nya yang lagi pake kacamata ijo.. Jadi rumput tetangga kita keliatan ijo, padahal asli'ny kaga.. lol.. :p   N masi bejibun lagi cerita2 serupa yang konon "menyayangi diri sendiri" tapi ternyata belum..

Well.. Yes, itu juga happens to me.. Seringkali gw ngerasa kalo gw uda CUKUP SAYANG sama diri gw sendiri, padahal nol besar.. Gw masi suka spoiled diri gw sendiri kayak cerita2 diatas.. Emang sih kita juga diajar supaya ga saling menghakimi.. Tapiiii ladieesss.. Gw dsini bukan lagi menghakimi siapapun loh yah.. No offense.. Hehe.. Gw lagi ngebahas tentang motivasi kita saat "menyayangi diri" kita itu.. Kalo kita ga bisa mengasihi diri kita dengan nerima diri apa adanya, so gimana kita mao mengasihi n nerima orang laen?

Seringkali saat Tuhan minta gw buat stop buat spoiled diri sendiri, gw selalu ngebantah, "loohhh Tuhan, gw kan sedang menyayangi diri gw.. hehehe.." "Yes, you are, but it's not in My way.. You are spoiling yourself!" *gubrakzz* Ga salah Tuhan? Emang menyayangi diri sendiri juga ada yg "in Your way"??? O_O

"Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi istri yang takut akan Tuhan akan dipuji-puji" -Amsal 31:30

"Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah." -1 Petrus 3:3-4

Hayo loohh.. Masi mao nyalon tiap hari? Ato masi pada mao ke mall tiap hari? hehehe.. Loohhh febbb, gw kan belum jai istri orang.. Gw masi single nehh.. Jd boleh dunkss.. Hehe.. Heleh2.. Gimana pun juga, nona2 sekalian adalah wanita! Urusan ntar mao merid kek, mao ttp single, mao apa lah.. Panggilan ente tetaplah sebagai wanita! Jadi berlakulah sebagai wanita.. Lebih2 sebagai wanita Kristus.. Well, gw ga bermaksud nge-judge siapapun.. Ini juga buat gw sendiri karena gw juga belum bisa mencintai diri sendiri apa adanya.. Hehehe.. Bukan'ny ga bole jaga penampilan or shopping or doing any "ladies activities".. Tapi, jangan jadiin itu semua obsesi.. Karena masih ada yang jaoh lebih penting dari itu semua, yaitu spiritual beauty.. hehehe.. Oh btw, ayo baca juga Amsal 31:10-31 ye.. Penting buat kaum Hawa.. :)

Yang pasti.. Kasihilahlah dirimu sendiri dengan kasih Kristus, bukan dengan kasih yang dari dunia ini.. Sayangi dirimu seperti Tuhan sudah menyayangimu! Ga usah banding2in diri sendiri dengan model2 yang ada di majalah karena itu sia2.. Foto2 mereka uda di-retouch pake photoshop.. hahaha.. Jd jangan mao diboongin sama dunia.. Don't be fooled ladies! Mending deketin diri ke Tuhan dengan berdoa n worship Him.. Karena tugas dari seorang wanita adalah menjadi tiang doa dalam keluarga.. Kalo kitanya kaga kuat, gimana mao jadi tiang doa dalam keluarga? Bisa2 malah roboh semua.. Eaaa..

Nah trus gimana dunks buat dapetin kasih Kristus?? Tiap Minggu juga gw udah rajin ke gereja koq.. Gw juga udah pelayanan lohh febb! Hmm.. Unfortunatelly, it's not enough ladies! Hehehe.. Kita perlu ada devotion time dengan Tuhan.. Kita perlu ada saat2 dimana kita cuman berdua doank sama Tuhan.. Nge-date sama Tuhan.. *well, bukan cuman nge-date sama pacar aje ye.. :p*
N di devotion kita, minta Tuhan buat penuhin kita dengan kasihNya.. Supaya kita ga dipenuhin sama "kasih2" yg konon cuma tipu daya.. Hehehe.. Minta Tuhan berikan kita mata, hati, n pikiran Tuhan.. Karena kita ini ngeliat dari mata kita aja! We don't kno what's behind it.. Yah inti'nya, jangan sampe kita menukar apa yg eternal demi sesuatu yang temporary.. Jangan sampe kita menukar keselamatan kita dengan "kasih yang sia-sia".. It's surely not wise ladies! :) n skali lagi jangan lupa, 1 Petrus 3:3-4..

Jadi sebelum terlambat, yukss kasihi dirimu dengan kasih Kristus supaya kasih itu bisa terpancar keluar.. N kita bisa mengasihi orang laen seperti diri kita sendiri.. Bukan dengan kasih dunia ini, tapi dengan kasih Bapa.. Amen! :)

No comments:

Post a Comment