Tuesday, August 16, 2011

Hidup Itu Pilihan

Yuuppp.. Ada buanyaakk pilihan dalam idup. Mulai dari bangun tidur, kita uda diadepin sama  pilihan mao lanjut tidur ato bagun n ngelakuiin activity laen'ny.. hehehe.. Tapi sering kali kita malah milih yang enak alias balik tidur lagi.. Hayoo ngaku! wakaka.. Bahkan waktu kita kecil juga uda mulai milih2.. Milih makanan lah, milih mao pake crayon apa lah.. Hahaha..

Saking banyaknya pilihan yang ada di depan, seringkali itu bikin kita takut buat milih, n ujung2nya nimbang2 luamaaa sekalee.. Hehehe.. Tapi, sbener'nya ada jalan laen yang Tuhan offer ke kita, yaitu obedience with Him, alias nurut sama kehendak Daddy. Emang yah si Daddy tuh kaga diktator yang mewajibkan anak-anakNya nuruutttt terus sama kehendak Dy.. Karena Dy itu kasih, n Dy ga akan memaksa kita buat ngikuti kemauan Dy.. Cuman, kalo emang kaga sesuai dengan rencanaNya, konsekuensi ya ditanggung sendiri deh.. hehehe.. Laaahh tadi katanya bebas, tapi koq ada konsekuensinya feb??? Yup2.. Ya balik lagi.. Karena Allah itu kasih, Dy mao yang terbaik buat anak-anakNya.. Tapi kalo kita ga mao ikut saran Dy, Dy ga bakalan paksa kita.. Dy kasi kita kehendak bebas buat milih..

Aaiihhh.. Kalo gitu, susah juga dunks buat milih sesuatu yang berkenan di hati Tuhan?? Not that hard.. Karena Bapa kita itu simple, ga complicated. Ambil waktu buat nge-date sama Daddy, n saat devotion time itu kita bisa nanya apa aja.. Ga percaya?

"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; 
carilah, maka kamu akan mendapat;
ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
Karena setiap orang yang meminta, menerima 
dan setiap orang yang  mencari, mendapat
dan setiap orang mengetok, baginya pintu dibukakan." -Matius 7:7-8

Nah berarti kalo kita minta apapun dengan sungguh2, pasti dikabulin Daddy dunks feb? Nope.. Karena cuma Dy yang paling tau apa kita emang butuh yang kita minta n kapan saat yang tepat buat kita.. Inget, kayak Firman yang di Pengkhotbah, semua ada waktunya..

"Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya
Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, 
ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam; 
ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; 
ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; 
ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; 
ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari; 
ada waktu untuk membuang batu, ada waktu untuk mengumpulkan batu; 
ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk; 
ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; 
ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang; 
ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; 
ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara; 
ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; 
ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai."
 -Pengkhotbah 3:1-8

Sama aja That's why we need to learn how to be patient when we are waiting Him. Hehe.. Gw pernah bahas tentang patienty waiting sebelumnya, tapi kalo belom baca, click here :)   Tapii masalahnya, kalo kita uda dikasi tau mana pilihan yg terbaik buat kita, uda dikasih tau mana yang bener.. Apa kita mao ngikutin? Hihihi.. Most of times seh mikir2 dulu beribu2 kali.. Karena biasanya apa yg Daddy kasih tuh BUKAN YANG KITA MAU, tapi apa yang KITA BUTUHIN.. Hufff.. Misal neh ya.. "Tuhann.. Gw tuh butuuhh bangeetttt punya hape yang Blackberry supaya gw bisa bbm'an sama temen2 gw.. Kalo ga punya tuh, gw jd ga bisa socialize sama temen2 skolahan.." Helooww, itu bukan perlu loh, tapi pingin!

Dy tuh tau apa yang kita pingin, n Dy juga tau apa yang kita butuhin.. Tapi kebanyakan dari kita ngerasa lebih tau dari Almighty God.. -___-   Kalo emang kita percaya bahwa Tuhan tuh pencipta langit dan bumi yang luas tak terbatas, kenapa kita harus ngebatasin Tuhan dengan pikiran kita? Kalo emang kita percaya, serahin semua kekuatiran kita, semua keinginan kita ke tangan Tuhan.. Karena He knows what is best for us! Nih coba baca.. :)

"Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti,
atau memberi ular, jika ia memiinta ikan?
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, 
apalagi Bapamu yang di sorga!
Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." -Matius 7:9-11

Gw jg sering jatoh disini.. Gw sok tau akan apa yang gw perluin, ujung2nya? FAILED! Seringkali gw ngerasa kalo gw mampu decide something tanpa nanya dulu, n hasilnya? amburadul! Ughhh.. Kalo uda kaya gt mah, gw give up deh.. hehehe.. But, thank goodness kalo Bapa kita itu emang Bapa yang penuh kasih.. Dy ga pernah itung2an sama gw.. "Eh Feb, kemaren lo uda bandel, jadi ni hari lo ga dapet berkat ya.." Uwaaahhhh.. Untung ga begitu.. Asal gw repent alias bertobat sungguh2, Dy pasti mau ampunin kita :)   Wellllllll, ini bukan jadi alesan kalo kita bole ngelakuin sesuka ati kita loh.. IT'S NOT AN EXCUSE!

Saking suayanngggnya sama kita2, Bapa tuh ga perna maksain kehendak Dy.. Meski Dy tau apa yang terbaik buat kita, Dy ga akan paksa kita kalo kita ga mao/ga suka.. Tapi, Dy bakalan kasi kita hikmat untuk ngertiin apa kehendak n rencanaNya.. Yang pentingg cuman 1, saat teduh sama Daddy alias devotion time..  Hehe.. Jadi, jangan buru2 protes yup kalo Bapa tuh ga pengertian dll.. Hehehe.. Tapi liat dulu kita masing2, mungkin emang apa yang kita minta itu bukan apa yang kita butuhin alias cuman keinginan daging semata.. :p

Hidup itu pilihan, n pilihan itu ada di tangan kita sendiri.. Kalo mao milih ikut jalanNya, kita kudu utamain Dy dulu diatas segala-galanya.. Ikutin Dy dengan segenap hati, dengerin apa kehendak Dy, n yang penting lakuin.. Jangan cuman masuk kuping kiri kuar kuping kanan gitu.. Wakaka.. Naahhh kalo uda gitu, kita ga usa kuatir lagi deh karena tangan Tuhan ga pernah ngelepasin tangan kita.. Never! Jesus loves you soooo muucchhhh.. :)

No comments:

Post a Comment